Monday, October 23, 2017

Begitu Pentingkah Sebuah Judul

begitu pentingkah sebuah judul

Saat pertama kali kita akan membaca sebuah buku ataupun artikel di internet, pasti yang pertama kita lihat adalah judulnya. Tapi apakah penting sebuah judul dalam setiap karya tulis

Aku pun menyempatkan diri untuk bertanya ke beberapa teman yang memang seorang penulis freelance dan ada juga yang blogger lebih senior.

Di sini terbagi menjadi 2 pendapat, yang pertama menganggap judul itu sangat penting. Dan beberapa lagi menganggap judul tidak terlalu penting, sederhana saja yang penting isi dari tulisannya.

Aku sendiri kadang juga bingung untuk menentukan sebuah judul disetiap tulisan yang aku buat, bahkan sering kehabisan waktu cuma memikirkan judul saja.

Pentingnya sebuah judul

Sebuah judul itu memang sangat penting untuk menarik pembaca, aku sendiri saat melihat sebuah postingan dengan judul yang menarik, tanpa berlama-lama langsung di klik aja.

Tapi jangan hanya mementingkan judul, isi dari sebuah artikelnya juga harus menarik dan sesuai dengan judul yang kita buat. Jangan pernah menipu pembaca, banyak sekarang search di mbah gugel, judulnya sesuai dengan apa yang di cari.

Tapi saat di buka isi dari tulisannya tidak nyambung dengan judul. Ini biasa di sebut dengan klik bait. Biasanya orang seperti ini hanya mengejar traffic.

Judul yang sederhana tapi isi berkualitas

Enggak selamanya yang sederhana itu tidak menarik, banyak yang menggunakan judul sederhana tapi terlihat menarik untuk di baca.

Jangan melihat buku dari sampulnya, judulnya boleh sederhana tapi isi dari tulisannya lebih punya kualitas dan bermanfaat untuk pembaca. Selama aku berkunjung ke blog-blog lain, kebanyakan cara ini dilakukan oleh blogger personal.


Tapi ada satu lagi yang menurut pengamatan aku, selama berselancar di internet. Ada yang menggunakan judul menarik dan isi dari artikelnya pun dikemas dengan sangat baik.

Sehingga betah lama-lama baca postingannya. Enggak langsung kabur aja setelah baca paragraf pertama.

Cara ini biasanya dilakukan oleh Blogger-blogger professional, yang memang sudah mahir untuk membuat judul yang mampu menarik pengunjung di sertai tulisan yang berkualitas.

Bahkan dalam judul dan isi artikelnya memiliki banyak kata kunci yang membuat artikelnya bertengger di papan atas gugel. Tanpa mengurangi kenyamanan para pembaca.

Aku sendiri belum bisa menyajikan artikel yang berkualitas, karna memang masih tahap belajar untuk menjadi blogger yang baik.

Untuk judul sendiri aku lebih memilih yang sederhana, yang menurutku cocok untuk topik yang aku bahas. Judul sendiri aku buat agar tulisan ku tidak keluar jalur dari yang ingin aku bahas.

Menurut kamu, pentingkah sebuah judul dalam setiap tulisan yang kamu buat, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.


8 komentar

Ada yg bilang kalau judul adalah jiwa tulisan. Karena seseorang minat baca sesuatu kadang dari judulnya. Kalau menarik, bakal klik. Kalau enggak...baibai

Iya mba, aku juga kalo liat postingan dengan judul menarik langsung di klik
tapi isi juga harus sesuai dengan judulny hehe

percuma judul menarik tapi isinya ga sama, pengen tak unyel-unyel tu orang wwkwkkwwkwk

menurut mas judul di blog aku dah menarik belum sih? wkwkkwkw *sekalian nanya*

Sangat sulit sekali buat judul yg menarik ,he

wkwkwk bener tuh mas
banyak yang begitu, cuma pengen narik pengunjung aja

menurut aku sih sudah menarik kok mas
kalo udah mampir tempat blog mas
liat judulnya kayak hampir 1 dekade, jajanan jalanan.. kan dari jdul aja udah bkinpenasaran sama isinya

iya mas sulit memang buat judul yang menarik
apa lagi menarik plus ada kata kunci juga di dalemnya

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon