Wednesday, October 25, 2017

Menulis dan beberapa penghalang

Menulis dan beberapa penghalang

Menulis menjadi rutinitas yang sering aku lakukan sejak memulai blog ini. Meski tulisanku masih jauh dari kata baik.

Waktu untuk menulis aku sisihkan di malam hari dari mulai pukul 9 sampai 11 malam, karna hanya di waktu ini aku bisa punya waktu luang. Dari pagi pukul 7 pagi aku sudah siap-siap untuk berangkat kerja, pulang samapi kerumah sudah pukul 7 bahkan 8 malam.

Tapi tidak semua berjalan sesuai keinginan yang sudah aku jadwalkan. Ada beberapa penghalang yang selalu aku rasakan saat ingin mulai menulis.

Rasa malas

Aku rasa ini sudah menjadi penyakit sejuta umat, bukan hanya aku yang merasakan seperti ini. Rasa malas memang selalu melanda apa lagi untuk yang bekerja seharian. Setelah pulang kerja rasanya ingin istirahat dan leha-leha.

Ngantuk

Sibuk dengan rutinitas seharian penuh, belum lagi menghadapi macet, kerjaan kantor yang numpuk. Setelah sampai rumah yang di pikirkan adalah untuk segera berbaring di tempat tidur. Untuk membuka laptop saja sudah tidak ada gairah lagi.

Nonton Tv

Ada acara favorit kita lagi tayang, tidak ingin ketinggalan untuk menontonnya. Meski sebenarnya aku bukan orang yang suka nonton tv. Tapi ada beberapa acara yang memang aku suka tonton untuk sekedar melepas lelah dan menghibur diri. Kalo sudah depan tv, udah males rasanya bangkit lagi.

Main game

Selain nonton kadang untuk menghilangkan rasa jenuh dari rutinitas seharian, aku menyempatkan diri untuk bermain game. Tapi sama seperti nonton tadi, sudah keasikan main game udah lupa dengan semuanya. Bahkan terkadang sampai tengah malam baru sadar.

Besok saja

Ini mungkin seperti Rasa malas tadi, di sini sudah buka laptop tapi waktu mau nulis kok rasanya males. Akhirnya "ya udah besok aja la", artikelpun tidak jadi di bikin. Ujung-ujungnya main game, nonton dan tidur.

Tiba-tiba ada temen main

Kalo yang ini kadang tidak diduga, tiba-tiba temen main kerumah. Yang jadi masalahnya kalo mereka sudah main kerumah itu bisa sampai larut malam. Pada akhirnya waktu yang sudah di jadwalkan untuk menulis sudah terlewat, mau tidak mau absen lagi untuk menulis.

Itulah beberapa kendala yang selalu aku alami, sebagian memang karna dibuat sendiri dan kurangnya konsisten. Tapi untuk mengatasi itu, setiap ada ide yang melintas di kepala langsung aku tulis di handphone dulu. Jadi tidak hilang begitu saja, sekiranya ada waktu baru aku tulis dan rapihkan di blog.

Menulis menurutku tidak harus menjadi sebuah beban untuk kita, kalo memang mood tidak ingin menulis jangan di paksakan, yang ada malah bikin stress.

Tapi jangan juga bersantai-santai seperti di atas ya. Harus terus di latih untuk bisa konsisten dan membagi waktu. Contoh di atas jangan ditiru hehehe. Kamu sendiri apa yang sering jadi kendala saat ingin menulis, silahkan tulis di kolom komentar.

21 komentar

klo aku penghalangnya adalah kesibukan di dunia nyata
belum bisa istiqomah

Penghalang utama saya adalah rasa malas, kalau malasnya udah kumat, gak bisa apa-apa mas..

tiada motivasi bisa menjadi punca malas..

lawan dengan motivasi sahaja mas..

bisa berhsail tu nanti

untuk istiqomah itu memang susah mas ehhehe

bener banget mas
kayaknya ini emang sudah menjadi penyakit sejuta umat

iya mas
maksih saran nya
maksih udah mau mampir mas

kalo saya biasanya sih anak-anak, pas mulai nulis pas mereka berantem deuuuuh...kzl poool

wah kalo yang ini belum ngerasain, tapi klo ada poanakan main baru enggak bisa apa apa hehe

kalo penghalangku buat nulis itu karena waktu yang sedikit, mas. ada lagi karena sudah capek kerja jadi mau nulis males banget terlebih kalo kehabisan ide.

yang dijabafrkan di atas itu memang benar, beberapa aku alami. yah, tapi yg jelas menulis adalah selingan buat ngembangin hobi lho mas. hehe. ok, sudah tak kunjungi blognya. makasih udah mapir ke blogku yg sederhana ya/ salam kenal.

wkwkwkwkkw, saya sering banget ditackling dengan rasa malas, tapi sering kalah dengan tanggung jawab pengen posting wkwkwkkw

saya kesibukan sekolah membuat saya lupa update blog

apa lagi di rumah d suruh belajar, tapi aku enggak pernah bljr dlu ahahaha

iay mas, aku juga ngeblog ini pengen ngembangin cara menulis, salah satu medianya ya blog
maksih mas udah mamu mampir hehehe

bener itu mas
kalo sudah merasa ada tanggung jawab untuk membuat postingan
apapun rasa malasnya libas

Kuota internet limit, kenapa tidak masuk daftar ya? sebab faktor itu lebih dominan dan paling berpengaruh terhadap kinerja seorang blogger.

oh iya juga ya mas
aku lupa, padahal sering dapet kendala karna kuota limit ahahaha
ntar tak tambahin deh,
tapi aku sering dapet support wifi gratis dari temen kost :D

Haha.. ya udah, jadiin ngeblog buat pengisi waktu luang. Nulis aja apa adanya. Kalo pengen nulis ini, ya tulis. Biasanya ampuh dalam hal melawan rasa malas itu. Kalo emang ditarget, biasanya emang suka bikin malas.

Haha.. ya udah, jadiin ngeblog buat pengisi waktu luang. Nulis aja apa adanya. Kalo pengen nulis ini, ya tulis. Biasanya ampuh dalam hal melawan rasa malas itu. Kalo emang ditarget, biasanya emang suka bikin malas.

Malas dan sibuk dengan pekerjaan utama,

bener banget bang
kalo kita nentuin target memang yang ada sering males

Pekerjaan dunia nyata memang sulit untuk ditinggalkan

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon