Saturday, November 11, 2017

Jomblo Juga Ciptaan Tuhan

Jomblo Juga Ciptaan Tuhan
Sumber pic Pixabay.com

Berbicara lagi tentang jomblo yang memang tidak pernah habis untuk dibahas. Jomblo memang menjadi
topik utama di blog ini karena banyak keresahan yang saya rasakan sendiri. Mulai dari pembulyan antara teman, saudara, keluarga atau bahkan ibu kost sendiri. Biasanya pembulyan terjadi ketika sedang berkumpul bersama keluarga dan para sahabat.

Seperti, acara pernikahan saudara atau teman dekat, hari idul fitri, dan acara reuni sekolah. Pertanyaan yang sering terlontar dari mereka adalah, “mana temennya, kok masih sendiri aja?.” Dan “eh si anu saja sudah nikah, kamu kapan?, betah banget ngejomblonya".

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan selalu kita dapatkan, meski pertanyaan mereka hanya bercanda namun terkadang terbawa sampai ke hati. Untung kan hati ini ciptaan Allah, coba kalau buatan pabrik sudah pasti minta ganti karena terlalu overheat.

Pertanyaan seperti ini mungkin imbas dari teman-teman kita yang satu persatu mulai meninggalkan dunia perjombloan menuju pernikahan. Saya sendiri tidak pernah ambil pusing soal ini. Memang didalam islam menikah muda itu baik, untuk menghindari hal-hal yang negatif.

Tapi itu semua kembali ke pribadinya masing-masing, mampu atau tidak menjaga dan mengontrol diri. Tapi soal jomblo sepertinya sudah melekat pada diri saya sejak duduk dibangku sekolah.

Baca juga : Dibalok Kalimat Aku Tidak Bisa Hidup Tanpa Kamu

Masih Memiliki Cinta


Sperti lagu Ello “Biarpunku sendiri, tapi aku masih adaaa, masih ada cinta, di hati”. Untungnya ini hanya tulisan, kalau ada suaranya mungkin yang sedang membaca tulisan ini akan segera mematikan layar laptop atau smartphonenya.

Karena tidak memiliki pasangan bukan berarti kita yang jomblo ini sudah tidak memiliki perasaan cinta lagi. Justru rasa cinta kita sangat besar, melebihi rasa cinta orang yang sedang memiliki pacar.
Rasa cinta terhadap diri sendiri, orang tua, dan sang maha pencipta. Jomblo juga manusia sama seperti yang lainnya, ini hanya gelar yang diberikan terhadap kami yang tuna asmara.

Kita juga memiliki rasa cinta terhadap lawan jenis, namun hanya terpendam didalam hati saja. Setiap orang yang jomblo selalu punya alasan kenapa dirinya menjomblo.


Ada Sebuah Prioritas


Sudah saya bilang, jomblo selalu punya seribu alasan untuk membela diri kenapa masih tetap sendiri. Tapi bukan sekedar alasan kosong semata, ada sebuah prioritas yang harus di kejar. Jauh lebih penting dari sekedar pacaran yang terkadang hanya menghabiskan waktu produktif kita.

Yang seharusnya bisa kita gunakan untuk melakukan hal yang positif atau berkarya. Namun harus terganggu dengan dering telephone, chat yang membosankan dan curhatan yang sebenarnya tidak terlalu penting dari sang pacar.

Setiap orang punya prioritas dalam hidupnya, entah itu tujuan dan impian mereka, hanya mereka dan tuhan yang tau. Untuk menggapai suatu impian kita dituntut untuk terus fokus dan menjadi prioritas utama kita.

Biasanya alasan paling mendasar adalah ingin fokus terhadap karier terlebih dahulu dan menghindari yang namanya pacaran, karena takut fokus kita terganggu yang pada akhirnya mengacaukan impian kita.

Ada juga yang berasalan ingin menyelesaikan pendidikan terlebih dahulu, "karena kalau kamu sudah sukses pasti banyak  yang mau". Kalimat itulah yang memotivasi untuk terus bertahan dalam status jomblo dan memprioritaskan masa depan.


Umur Masih Muda


Karena maraknya teman dekat kita yang menikah diusia muda, bahkan setelah lulus sekolah baru sehari memegang ijazah besoknya sudah menikah. Pada akhirnya berimbas kepada kita, dari sinilah pertanyaan-pertanyaan "kapan nikah" itu muncul.

Padahal usia masih muda, kuliahpun masih masa - masa nya di mana semangat untuk berangkat kekampus lebih awal, karier pun masih jauh belum terlintas dalam pikiran. Tapi pertanyaan-pertanyaan sperti di atas selalu di lontarkan kepada kita dari orang-orang terdekat.

Memang, mereka mungkin hanya bercanda tapi wajah mereka tidak demikian. Ketika umur masih muda rasanya ingin menikmati waktu dan kebebasan yang lebih lama. Menikmati hobby kita, keliling traveling kemana saja. Intinya yang berbau kebebasan, karena saat tua nanti akan ada bahan untuk diceritakan.


Fokus Membangun Diri


Kata orang tua  "jodoh itu ibarat cermin, bagaiman kita begitupun jodoh kita nanti". Jadi pada intinya kalau kita ingin mendapatkan jodoh yang baik kita juga harus baik. Maka dari itu waktu yang tepat untuk memperbaiki adalah ketika masih sendiri atau jomblo.

Alasan seperti ini sering saya pakai ketika mendapatkan pertanyaan, "masih jomblo aja nih?", saya hanya menjawab "iya, solanya saya masih fokus memperbaiki ahlak untuk memantaskan diri kepada pasangan saya nanti". 

Membangun kualitas diri yang jauh lebih baik, akan membuat kita lebih percaya diri. Meskipun status jomblo yang di sandang sulit hilang. Setidaknya status jomblo kita lebih berkualitas.


Tuhan menciptakan manusia berpasang-pasangan, "terus jomblo siapa pasangannya?". Jomblo juga mahkluk ciptaan tuhan yang masih belum diberikan pasangan. Allah tau waktu yang tepat kapan kita akan dipertemukan.

Orang menjadi jomblo terkadang memiliki alasan yang kuat, sperti beberapa alasan diatas. Ada yang hanya berdalih namun ada juga yang memang benar-benar bukan sekedar alasan.

Jomblo juga ciptaan tuhan, jadi kenapa harus malu. Tetap bangga karena kita tidak merugikan orang lain. Untuk yang sering meledek jomblo, kamu juga pernah jomblo kan.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

40 komentar

Agak OOT mas.. Kalau boleh tau avatar kartun chibi di foto judul membuatnya dengan tools atau disitus mana ya? Trims sebelumnya

Itu buat sendiri mbak pake pHosotshop hehe :D
tapi ada situs untuk bikin avatar sendiri coba aja buka weeworld, pickaface, dua itu bagus si mbak :D

wah, ngekos ya mas? sabar mas, jombs itu pasti akan berlalu kok asal mau usaha cari yg cocokk. gak perlu cantik yg pasti setia aja. ya kan?

nikmati dulu jomblo dan fokus cari tabungan biar nanti perencanaan buat nikah matang. nggak kawi cerei kayak selebritis. hehe. selamat pagi aku ucapkan buat penghuni blog ini juga followernya.

Iya mas beny, hidup jadi anak kostan
hahaha aamiin, canti itu kan relatif, kalo sudah jatuh hati mau bentuknya gimana pun akan terihat cantik mas beny.

Iya mas, menikmati setiap proses kejombloan hahaha
selamat pagi juga dan selamat weekend mas :D

jomblo itu orang bebas mas, karena bisa bonceng cewek mana aja kalau lagi jalan. trus gak ada yang memberatkan juga kalau malam mingguan. kadang hanya ngurut dada dikit aja kalau lagi lihat org mesra berduaan. heeee

Aku pribadi sebenarnya jomblo itu pilihan sih, mnurutku sih.
Karena gak semua orang yang jomblo bukan berarti gak laku, terkadang ada yang pengen nyibukan untuk karir atau cita-citanya terlebih dahulu sebelum cinta..

Aku juga anak kost, selama aku memilih sendiri, aku lebih bebas, bebas dalam artian bisa melakukan banyak hal, dengan catatan hal yang positif..

"Tak apa sendiri dalam asmara, yang penting bersama Allah dalam takwa"

Salam jomblo xXx wkwk

Kalo saya jomblo itu karena masih sendiri dan belum ada pasangan *loh tapi emang enakan menjomblo sih di waktu muda kaya gini masih bisa bebas. Kemana-mana ga ada beban. *Alasan saja wkwk

Bener Mbah dian, menajdi jomblo itu bebas. Apa yang kita lakukan tidak ada yang melarang, asalkan positif.

Malam minggu jadi momok yang menakutkan :D

Benr banget mas andi, jomblo itu sebuah pilihan.
yang terpenting kita tetap melakukan hal yang positif

Jomblo fisabilillah hehe :D

Hahahahah :D
Y namanya jomblo sendiri atuh kang asep
bener si, bebas, lepas, rasakan sensasimu haha malah nyanyi :D

Dan menurutku sih jomblo itu makhluk Tuhan yang paling bebas di bumi.. Wakakakak..
Karena masih bisa kongkow2 kemana-mana, dan tidak direpotkan dengan masalah percintaan.. #tsaahh.. 😂

jomblo itu bebas
sabar aja nanti tiba2 lak nikah hehe

pilih jomblo dengan tenang atau.. punya pacar tapi jadi susah bagi waktu buat ngeblog hayo?? :D

semua itu tinggal dari sudut mana kita memandang mas

mau jomblo,mau punya pacar,mau berkeluarga semuanya pasti memiliki alasan tersendiri.

yg penting kita nikmati apa yg ada

Bener mas indra, tidak perlu repot2 untuk ngasih laporan ke pacar sedang apa dan di mana, lagi ngapain. :D

Iya mas ikrom
sabar dan sabar
allah sudah punya rencana hehehe :D

Mending jomblo tapi tenang mbak nia
kalo punya pacar tapi enggak bisa ngapa2in, hidup terkekang gk enak :D

Betul mas yanto, yang penting itu bersyukurnya :D

masih Jomblo gitu Mas Adi hehehee....
lha nyari atuh mas... biar ada temen buat malam mingguan...

iya nih mang,
kayaknya masih pada ngumpet hihi
udah keliling cari malah dapet nya es cendol aja

Malem minggunya jadi penonton aja dulu mang
nonton yang pacaran :D

lha mending atuh dapat Es Cendol... coba klo sekalian dapat kopi sama gorengannya... tambah betah deh hihi

Kalau ada yang suka banding-bandingin dengan si A yang udh nikah, si B juga udah nyusul. Terus aku ditanya-tanya, kapan. Dengan santai saya jawab, "Menikah bukanlah lomba lari. Siapa yang cepat (nikah), dia yang menang." Hehe.

Ceritanya blognya tentang curhat jadi jomblo ya... wkwkkw gapapa kali mas.. namanya jomblo ga semua orang berpendapat begitu.. apalagi menjomblo untuk mengejar target pencapaian.. setuju sama ulasannya kang adi..

yang paling baik itu jomblo sampai halalan thoyiban mas :)) saya doain ya, aamiinn....

Masih jomblo aja nih? Pertanyaan singkat namun menusuk hati.
Kalo ditanyain ke kau bang, apa bakalan menusuk ke hati juga? Ahaha

kadang malam minggu sijomblo bisa bahagia dengan keadaan hujan, karena banyak pasangan yang gak bisa jalan. jadi jomblo merasa ada kawan walau dalam imajinasi yang kadang gak nyambung mas. heheheheee

Jomblo pasti berlalu mas... =D Nanti kalau jodoh juga pasti ketemu, jodoh itukan nggak bakalan nyasar walaupun nggak tahu jalan..hehe.

Bner mbak, nikah bukan soal cepetan2 ny. Tapi bisa tahan lama gk bertahan. :D

Iya mbak vika, tapi ada selingan bahas yg lain juga

Bner banget mas, aamiin
Mkasih doanya mas andie, udh lama gk nongol :D

InsyaAllah tidak lagi
Karena sudah terlalu sering, jadi sudab kebal :D

Semalem hujan ny gk jadi tu mbah dinan, kayak nya yg pacaran bersatu pake pawang hujan hihi

Bener sekali mbak muyas, jodoh tidak akan pernah tertukar, meski terpisahkan jarak. :D

saya malah pacaran setelah nikah mas jadi jomblo itu orang kuat bisa bertahan dari berbagai godaan

Waah inspirstif bget nih
Yg sprti ini memang kang yg saya pengen
Nikah dlu bru deh pcranny
:D

Di tambah nasi kucing ny mang
Udh kayak d angkringan hehehe :D

Jika usia sudah memungkinkan lebih baik meikah daripada jomblo terus ada hal yang lebih tidak diketahui oleh jomblower Nah, jika sudah menikah oasti tahu jawabannya.

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya.
EmoticonEmoticon