Monday, November 13, 2017

Ketika Jomblo Menjadi Simbol Kebebasan

Ketika Jomblo Menjadi Simbol Kebebasan
Sumber pic Pexels.com

Kembali lagi dengan topik niche blog ini, yang beberapa minggu ini sedikit keluar dari jalur yang sebenarnya. Semua ulasan memang curhatan dan keresahan dari pengalaman pribadi si penulis sendiri. Sayang juga saat ada ide tapi tidak ditulis kan hihi :D.

Malam minggu kemarin dapet curhatan dari seorang teman kost yang merasa hidupnya tidak bebas setelah menjalin hubungan dengan pacar barunya. Setiap malam minggu wajib teleponan, padahal mereka sering bertemu. Kalau LDR mungkin bisa dimaklumi, ini mereka sering bertemu karena satu tempat kerja.

Teman saya merasa risih karena tidak bebas saat ingin kumpul bersama teman-teman yang lain tiba-tiba pacarnya telpon. Kalau tidak diangkat pakai acara ngambek yang berkepanjangan.

Tapi menurut saya wajar karena hubungan mereka masih baru beberapa bulan. Jadi masih hangat-hangatnya, mungkin tidak ada kabar berasa kehilangan selamanya. Sayangnya teman saya ini merasa terganggu karena kebebasannya hilang dan terkekang. “Enakan jomblo ya, bebas mau kemana aja, mau ngapain aja, Cuma malem minggu aja yang enggak enaknya”. Ucap temanku.

Sebenarnya bukan hanya satu ini saja teman yang ngomong ketika sudah punya pacar tidak ada lagi kebebasan. Semua waktunya hanya untuk si doi saja.

Dari kisah teman-teman saya yang mengeluh tentang pacaran membuat saya perihatin dan merasa kasihan. Tapi yang seharusnya dikasihani itu saya, mereka punya pacar dan malam minggu mereka dihabiskan dengan pacar mereka.

Baca juga : Jomblo Juga Ciptaan Tuhan

 Sedangkan saya duduk manis depan laptop bacain quote-qoute motivasi untuk menguatkan diri dan meyakinkan diri bahwa jomblo itu baik.

Saya juga pernah ngalamin namanya pacaran, meski tidak lama karena dianya sudah sadar dan kembali kejalan yang benar dengan dapet cowok yang lebih kaya (wajarkan).

Saya merasakan waktu tersita hanya untuk fokus ke doi saja, apa lagi kalau sudah minta anter kemana-mana. Padahal ada janji bareng teman, di telpon minta jemput. Sebentar lagi telpon minta anterin. Kalau dipikir sepertinya bukan pacaran tapi menjalin mitra ojek online, tapi belum pakai aplikasi masih pakai pesan singkat dan telpon. Mungkin ini salah satu yang mendasari terbentuknya ojek online.

Tapi setelah jomblo saya merasakan kebebasan, seperti terbebas dari ruang yang pengap menuju ruang bebas dengan udara segar. Akhinrya saya bisa menikmati hidup dengan normal kembali.

Tapi tidak semua orang pacaran seperti itu, mungkin memang saya dan orang-orang dilingkungan saya saja yang seperti ini.


Dalam Pergaulan


Ketika memiliki pacar, ruang lingkup pertemanan semakin mengecil karena waktu yang kita habiskan hanya untuk berfokus ke doi saja. Apa lagi punya pacar yang terlalu over protective, dikit-dikit nanya lagi dimana, dengan siapa?. Kalau di jawab jujur tidak percaya, harus ada bukti foto.

Berbeda dengan ketika masih menjomblo, kita bebas bergaul dengan siapa saja tanpa batasan. Lingkaran pertemananpun semakin luas karena tidak adanya cctv aktive yang selalu mengawasi.
Kualitas hubungan pertemananpun terjalin dengan baik, karena kita hidup masih butuh teman kan.


Suara Telpon masuk


Menjadi jomblo terasa lebih tenang karena hari-harinya terbebas dari dering telpon. Kalaupun ada hanya operator yang iseng atau penipu yang lagi cari korban.

Ketika sedang sibuk dengan deadline kerja, ada dering telpon itu kadang membuyarkan pikiran. Yang tadinya sedang fokus tiba-tiba hilang.

Itu kenapa ketika menjadi jomblo saya lebih produktif, apa lagi saya yang setiap harinya selalu dikejar deadline dari klien. Makanya saya begitu menikmati menjadi jomblo -_-.


Waktu Untuk Sendiri


Ada kalanya kita butuh waktu sendiri, mungkin hanya sekedar introspeksi diri atau menenangkan pikiran. Rutinitas seharian membuat pikiran kita lelah, apa lagi dewasa ini kesibukkan manusia semakin tinggi.

Sesekali kita butuh ruang untuk sendiri, tanpa adanya gangguan dari siapapun, bahkan suara dering telpon sekalipun. Kamu bisa melakukan hal ini dengan bebas dan kapan saja ketika jomblo, paling yang mengirim pesan kekamu hanya ibu/bapak kost yang isinya “Kapan bayar kostnya, ini sudah lewat 3 hari”.

Tapi semua yang diatas itu tidak mutlak, karena tidak semua orang yang pacaran seperti itu. Ada yang hubungannya baik-baik karena saling mengerti satu sama lain, hubungan mereka dijalani karena kedewasaan berfikir masing-masing.

Jadi jangan anggap semua yang pacaran itu terkekang, ini hanya pengalaman dan perspektif dari saya pribadi yang terjadi disekitar saya.

Tapi untuk jomblo, kebebasan itu mutlak. Karena siapa yang akan melarang kamu kecuali orang tua kamu sendiri. Ketika kumpul bareng teman tidak akan ada yang mengganggu kamu kecuali klien kamu minta revisi secepatnya.

Jomblo dan kebebasan memang sulit dipisahkan, saya merasakan sendiri betapa bebasnya menajdi jomblo yang pada akhirnya kebablasan menjomblonya. Ketika teman-teman saya berlomba-lomba berkembang biak untuk regenerasi keturunan bersama pasangan sah mereka. Sedangkan saya masih asik dengan kesendirian.

Kebebasa itu pilihan, tidak peduli kamu jomblo atau bukan jomblo.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

52 komentar

Benar sekali bang adi, sewaktu pacaran apalagi pacar yang over protective. Kumpul sama teman aja di katain selingkuh. Duh kok malah curhat aku nya

eh masih ke jomblo lg topiknya ya mas

saya jadi sedikit mengerti tentang perasaan jomblo nih,soalnya saya sendiri bukan jomblo sih

Hatiku jadi pedih baca komen nya mas yanto. hihi

Iya kang Yanto
masih banyak keresahn tentang jomblo yang harus saya sampaikan dan perjuangkan hehehe :D

kasihan banget orang yang pacaran itu

beruntung saya orang yang introvert ketika pacaran, jadi emang ga pernah gaul.. ketika pacaranpun tetap ga gaul. wkwkkwkw

alhamdulillah sekarang udah nikah, kalo mau kemana-mana bawa istri, dan istri tau semuanya tentang kita.. happy ending


** the end **

wkwkkwk

Aduh, jadi jomblo banyak yang bully ya. Padahal jomblo tetap hepi dan bermanfaat.

Menarik untuk di bahas mengenai jomblo bisa di tulis tipsnya agar tetap semangat dan bisa sabar walau sendiri daripada pacaran yang sering terlalu nyerempet dan tidak bisa menahan rasa nafsu atau pandangan mata jomblo juga bukan berarti ingin bebas kesana kemari!! ya jika sudah ada jodoh yang cocok menikah adalah yang terbaik.

Alhamdulillah udah nikah, jadi nggak baper kalau mampir ke sini... =D

baca komentar dr mas andie bikin baper pingin cpt2 menikah, eh.. :D

pacar lebih serem dr siapapun,
apalagi dr pihak laki2,sgt banyak ruginya dlm hal pacaran, jd ojek kiri kanan,ga bls dikit aja cweknya ngambek, sy pernah ngalamin bginian,yah mmg wanita itu sensitif bgt mas,lebih2 nanti pas nikah,bakal lebih repot lagi kyknya, pacaran sambilan melatih diri buat terbiasa lah.. enjoy aja, :D

udah kang adi.. masih muda mah jalani kehidupan sendiri yaaa.. jauh lebih baik,, bebas untuk melakukan apa saja tanpa batasan apapun, sekarang saatnya berkarya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.. puas2in selagi muda kang.. jomblo itu bagus kang,, menghindari dosa juga kan hehe

Jomlo ngenesnya malem minggu mas ...cuma bisa gigit jari

Jomlo ngenesnya malem minggu mas ...cuma bisa gigit jari

Semangat ya buat jomblo dan jadi jomblo itu ga perlu juga korban perasaan n tenaga juga kan ya hihihi. Sekaligus ga ngorbanin duit buat orang yg belum tentu jadi pasangan kita. Jadi nikmatin aja dulu ya. Semangat

Ingat jangan terlalu lama pertahankan status jomblonya. Kalo sudah ada yang melamar langsung ke pernikahan aja ke buru jodohnya basi. ingat penyesalan datangnya di awal, bukan di akhir

Ga salah itu mas, masa iya di awal. Enak mah kalo di awal :-d

iya emang, pacaran jd bikin kita gak banayk teman krn kiat fokus ke satu org saja, jomblo sih mau kemana saja bebas free gak ada yang cemburuin

yang sabar bang, ada waktunya jomblo akan berakhir dan semoga berakhir bahagia Amin

wah asik dong pas malam minggu bisa hangout ke mana ya? hehe.

Iya mas huda
waktunya hbis untuk orang yang belum tentu jadi pasangan hidup hehehe :D

Saya juga seorang introvert mas andie
itu kenapa saya ssh dapet pacar hahahaha
adapun mereka manfaatin doang, karena kepolosan saya wkwkwkwkwk :D

Bener mbak nur, jadi padahal jomblo itu bebas dan tidak merugikan orang lain. :D

Bener kang Warman
kalo sudah ada jodohnya insyaAllah
langsung nikah
tapi sayangnya sekarang masih belum ada :D

Hahahaha Makanya doain mbak muyas, biar cepet nikah juga :D

Hahahhahaha, bener mbak nia
waahhh pengakuan dari sosok cewek, ternyata memang bener y hahahaha :D
tapi enggak semua begitu juga

Iya Teh Vika,
menikmati masa muda selagi ada waktu
kalau memang sudah ada waktunya pasti akan jomblo juga akan berlalu :D

hahahaha iya mbak Rohma
bengong doang sambil gigitin bungkus indomie :D

Iya mbak, selalu menikmati kesendirian tanpa batas hehehe :D

MAri bersatu untuk memajukan jomblo indonesia hahah :-d

kalo nyesel duluan mah enak atu mas ammar
ini nyesel nya di tengah, enaknya di awal susahnya di akhir :D

Iya mas beny, asal ada tujuan hehe
:D

Tapi pasti gak kuat kan kalau jomblo seumur hidup ? punya cinta juga bisa buat hidup kita jauh lebih semangat dan bahagia *mungkin... hahah cuman kalau udah patah hatinya itu, bikin hati jadi,, ah sudahlah.. jhahah, belum ditembak dah patah hati... :D wkwkw
memang ketika ada rasa cinta, akan ada juga resiko kebencian yang perlu ditanggung seseorang...
kalau boleh memilih sih yah mending tidak jadi jomblo gan hahah.. sampai sekarang saya selalu berpikir bahwa jomblo saat ini itu adalah pilihan, bukan takdir, kalau ada usaha pasti akan ada jalan, apalagi kalau dah dewasa pasti ada keinginan untuk menikah dan membangun rumah tangga, gak mungkin kan jomblo terus hahah...
So well, memang jomblo itu bebas, punya waktu dan gak bakal merasa risih dengan panggilan "ayah bunda", padahal beranak aja belum..

next time,bikin artikel, tentang cara bedain cewek yang dah punya pacar / suami dong yah, katanya sih kalau cewek dah punya "cemceman" tuh pakai suka pakai cincin tunangan atau cincin kawin, apakah bener ? soalnya kadang saya sulit bedain.. hahah, apakah semua cewek yang pakai cincin dijarinya itu udah punya "bokin", mohon dibahas yah.. hahah :D soalnya saya suka tulisan macam ini, bahas tentang keresahan remaja...

jomblo emang enak, bisa bebas
tapi akan galau klo udah mau kepala 3 heuehu

jadi jelas nih Jomblo itu pilihan, bukan karena nggak ada yang dilirik dan melirik ye... iyalah selama merasa enjoy menjomblo ya udah jalani nggak usah ikut-ikutan

Wah jangan di umbarin dong.
Sama sama jomblo loh. hihi

Duh mas, semua sudah di atur allah. Sabar dan berusaha kali aja ada.

Tema postingannya Jomblo terus ya Mas ini hihihii, duh jdi melas gitu.. Yang Sabar ya Mas Adi...
Saya dlu juga tau istilah pacaran cuma Pas Jaman Kuliah koq Mas, tapi ketika udah kerja dan punya pekerjaan tetap jangan takut Mas... cewek2 pasti pada deketin deh.. hehhee

jomblotragis emang suka mencari-cari pembenaran agar kejombloantragisnya dipermaklum oleh yang bukan jomblo atuh mang yan

segala jomblo lah dijadiin simbol kebebasan...kebebasan dari hongkoooong?
pastinya mah kenapa mang admin masih jadi jomblotragis pasti nasibmu buruk atau bisa jadi buruk rupa...#ehh keceplosan

jomblo lebih bebas daripada punya gandengan
lebih baik jomblo tapi bahagia daripada menikah tapi tidak ada kebahagiaan

Saya tidak jomblo dan saya bebas.... Happy blogging! :)

Jomblo dan pacaran sama saja, sama2 masih belum menikah, hehe

Itu termasuk jomblo golongan yang merugi, klo jomblo traveler atau jomblo hits mah bnayak acara kaka, haha

Lama ngejomblo gak enak mas..buruan cari temen spesial biar gak bete, kalau udah bete, segala sesuatu jadi gak asyik, tauukk hehehe...

saya juga jomblo nih, tapi bahagia hehe

Kadang jomblo itu enak, tapi di waktu tertentu asa ga enak. Tapi bener sih jomblo itu simbol kebebasan, mau kemana aja gak perlu laporan~

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya.
EmoticonEmoticon