Thursday, November 9, 2017

Mencoba Untuk Menikmati Tulisan Sendiri

Mencoba Untuk Menikmati Tulisan Sendiri
Sumber pic Pixabay.com

Sesekali menikmati tulisan sendiri untuk sekedar melepas lelah ataupun menghibur diri karena tidak ada buku baru yang dibaca, sedang malas untuk berkunjung ke blog lain. Saya biasanya menyempatkan diri untuk menikmati kembali tulisan yang pernah saya tulis diblog sendiri.

Menurut saya tidak ada yang salah untuk menikmati kembali tulisan kita sendiri sembari ditemani secangkir kopi, merilekskan diri dari rutinitas sehari-hari yang monoton.

Terkadang senyum sendiri melihat beberapa tulisan yang sudah saya posting. Ada rasa malu karena tulisan yang masih terasa kasar dan jelek, tapi ada rasa bangga saat melihat tulisan saya banyak di baca dan komentarnya. Meskipun mungkin yang berkomentar hanya merasa kasian karena tidak ada yang berkomentar disini.

Beberapa artikel sering saya baca ulang sampai habis dan berkali-kali saya baca lagi. Biasanya postingan yang lama banyak sekali kata-kata yang typo dan terasa kurang enak dibaca, jadi saya edit ulang.

Menikmati tulisan sendiri itu ternyata mengasyikkan, ada beberapa manfaat yang saya rasakan selain rasa malu sendiri karena masih amburadul tulisannya.


Baca juga : Menjadi Penulis Tanpa Bakat


Mendapatkan Ide Untuk Ditulis



Tidak ada salahnya sesekali kamu menikmati tulisan sendiri di waktu senggang. Siapa tau ide akan muncul saat melihat tulisan lama kamu. Biasanya ada beberapa artikel yang dulu pernah kamu tulis namun sekarang saat di baca ulang terasa kurang lengkap.

Mungkin dengan itu kamu bisa melengkapinya dengan membuat postingan terbaru yang ada hubungannya dengan tulisan lamamu. Kalaupun sudah ada ide untuk di tulis, setidaknya kamu bisa masukkan kedalam tabungan ide kamu untuk tulisan yang akan datang.

Beberapa tulisan baru yang saya posting terkadang terisnpirasi dari tulisan lama yang masih terasa belum lengkap dan masih dangkal.


Memotivasi diri


Kamu mungkin pernah membuat satu tulisan yang penuh dengan komentar dan views paling banyak di antara postingan yang lainnya, intinya paling populer. Begitupun saya, saat melihat lagi postingan paling populer diblog sendiri, membuat saya termotivasi untuk lebih semangat lagi menulis.

Rasa malas yang tadinya mengerubuni sekeliling saya tiba-tiba sirna. Seakan darah itu naik ke kepala, muncul rasa semangat untuk terus konsisten menulis yang lebih baik lagi. Meski kenyataannya tulisan saya masih seperti ini saja.

Namun ketika saya membaca setiap tulisan dan menikmatinya, muncul pemikiran untuk meningkatkan kualitas dari setiap kata dan paragraf yang akan saya tulis kedepannya. Keinginan untuk meningkatkan kembali konten yang akan saya buat.

Tidak melulu tentang keresahan soal jomblo dan kandasnya percintaan yang menjadi topik utama di blog ini. Kedepannya saya ingin menulis tentang keresahan-keresahan lain di luar topik jomblo. Seperti postingan sekarang ini.


Instrospeksi Diri


Saya tau, saya bukanlah penulis yang hebat dan professional. Namun saya berusaha untuk menyajikan tulisan yang enak di pandang dan di baca. Saya kadang bertanya-tanya, kenapa artikel saya begitu sepi?, komentarnya kosong?.

Melihat kembali postingan lama yang memang sepi pengunjung dan komentar membuat saya instrospeksi diri. Mungkin kualitas konten yang saya sajikan tidak menarik dan tidak bermanfaat.

Tulisan yang saya buat terlalu ribet dan tidak menuju intinya, kalimat yang amburadul, kata yang banyak typo ataupun penulisan yang masih sedikit kacau dari tata bahasanya.

Walaupun sekarang masih belum baik, tapi saya selalu mencoba untuk memperbaiki setiap tulisan yang akan saya buat. Yang pasti untuk kenyamanan pembaca dan tentunya untuk kepuasan diri sendiri juga.

Rasa Puas Yang Saya Dapatkan


Meskipun tulisan lama yang saya buat masih jauh dari kata baik, setidaknya ada kepuasan tersendiri dalam diri saya. Rasa bangga dengan apa yang sudah saya capai, bukan soal pengunjung atau komentar.

Tapi saya sudah berhasil melawan rasa takut untuk menulis, takut jika tulisan saya tidak ada yang baca, takut jika tulisan saya di anggap jelek oleh orang lain.

Rasa puas yang saya dapatkan ketika saya mampu memberanikan diri untuk menulis keresahan dalam diri saya menjadi sebuah tulisan yang dibaca banyak orang.

Mungkin tulisan yang saya buat tidak begitu penting untuk orang lain, tapi bagi saya ini adalah sebuah karya yang saya capai. Meskipun tidak bernilai, tapi ini bisa menjadi arsip untuk diri saya sendiri di masa depan.


Kesimpulan Saya ya

Cobalah sesekali untuk menikmati tulisan kamu sendiri, mungkin kamu jarang atau bahkan tidak pernah lagi melihat tulisan yang setelah di posting di blog kamu. Hanya untuk sekedar menolak lupa bahwa kamu mungkin pernah menulis karya aneh atau jelek.

Kamu akan melihat perbandingan sampai dimana perkembangan penulisan kamu dari awal ngeblog sampai sekarang. Penting tidak penting memang, tapi kamu akan merasa puas jika hari ini tulisan kamu lebih baik dari kemarin.

Saya sendiri masih menyimpan alamat blog lama saya, sengaja tidak saya hapus untuk membandingkan sampai dimana saya mampu berkembang.

Banyak perubahan yang saya rasakan, tapi ini menurut saya. Tidak tau kalau menurut kamu yang sedang membaca. Apakah tulisan saya meningkat atau justru menurun, atau mungkin stuck tidak berkembang.

Saya menulis ini bukan sok paham atau sok mengajari. Untuk blogger-blogger  yang lebih senior, yang mungkin mampir disini. Ini murni keresahan dan pengalaman pribadi dari penulis, saya hanya ingin berbagi pengalaman kecil sebagai blogger dan teman blogger.

Menikmati tulisan sendiri hanya untuk sekedar menghibur diri, tidak ada yang salahkan. Hitung-hitung mengapresiasi diri sendiri yang sudah bekerja keras untuk menghasilkan karya tulis walau belum bernilai.

Sepertinya sudah panjang lebar tulisan saya yang mungkin tidak berfaedah ini, semoga dapat memberikan sedikit manfaat, itu kalaupun ada. Silahkan komentar di bawah, terima kasih.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

54 komentar

haha, aku juga sering baca tulisan sendiri pas gak ada ide buat nulis. tulisan lama biasanya masih adaa yg perlu diperbaiki tuh mas. sekarang pasti sudah mengalami peningkatan ya kan?

kalo aku pasti akan sunting itu artikel yg dirasa perlu diperbaiki.

Saya sering melakukan ini mas adi, membaca tulisan sendiri bisa menjadi koreksi apakah tulisan kita udah bagus atau masih perlu diperbaiki, kalau ada yang kurang bisa kita edit supaya lebih bagus dan bacanya jadi enak..

Mas suka merendah nih, padahal tulisannya bagus nih. Saya jga sering banget tuh ngalamin kalau tulisan kadang radak aneh, kemudian dua kata yang di ulang, pemborosan kata, atau pun typo. Makannya kadang saya juga radak malu dan senyum-senyum sendiri kalau baca tulisan itu hehhee.

Ya itu, ada rasa malu, gaya bahasa berat untuk dicerna. Bahasanya terbolak-balik mirip bahasa Malaysia. Tapi ya itu, saya mencoba untuk percaya diri, dan Alhamdulillah, ada pembaca yang mengoreksi letak kesalahannya, jadi ngeblog bisa menjadi tempat sarana untuk menulis.

Jika ada luang waktu, saya juga edit-edit artikel lama. Tapi kadang saya biarkan, untuk kenang-kenangan biar tahu awal-awal menulis. Sehingga bisa mengetahui letak perkembangan dan kemajuaannya. Alhamdulillah semakin lancar menulis ,tanpa harus buat coret-coret dikertas.

Iya bener mas beny, sudah merasa ada sedikit perubahan si
dari pada tulisan lama saya yang bener2 enggak enak di baca ahaha

Selamat bekerja, tapi itu youtubenya mana videonya ?

Kirain hanya saya doang yang sering edit-edit.

iya bener banget kang maman, saya juga sekarang berusaha koreksi dulu sebelum di posting
enak atau tidak untuk di baca

Tulisannya baik sekali, ringan dan mudah dicerna. Coba bandingkan dengan punya saya... :)
Jadi malu.

ahhahaha, berarti kita sama
kalo melihat tulisan yang sdh lama itu kadang berfikir
saya pernah nulis beginian juga ya
tapi dengan begitu kita tau perubahan yang kita lakukan

mas bumi mah merendah
saya yang malah sering belajar dari kalian yang saya anggap para sesepuh dan senior blogger bagi saya.
juga sebagai mentor

Artikel mas bumi enak untuk di baca
saya malah sering belajar dari kalian para senior hehehe
tapi yang penting memang percaya diri ya mas

Malunya melihat tulisan kita sendiri, pernah aku alami di blog lama. Ya sama kek bang adi, melihat tulisan lama kita membuat kita tahu perkembangan kita hihi

Hihi, saya sering nih baca tulisan-tulisan lama di blog, apalagi kalau tulisan yang dibuat udah beberapa tahun yang lalu. :D

Kalau saya jarang sih menikmati tulisan, yah paling dilihat /dibaca lagi takutnya ada yang salah atau typo.. hahah
tapi bener juga sih, harus coba kita nikmati, sehingga kita bisa membandingkan progres apa yang sudah terjadi dalam dunia perblogingan yang sudah kita jalani.. hehe

saya memamg membaca tulisan sendiri gitu..

boleh edit dan atur ayat yang kurang menarik

Saya pun terkadang seperti itu mas, bolak-balik baca artikel lama terasa asyiik dan terkadang suku mesem2 sendiri..

Yaa, aku mah sering cek tulisan lama buat di edit lagi, karena dulu terlalu singkat isisnya, hehe

hahaha, bang bumi merendah diri sekaligus membenarkan kalau tulisannya mas aditama ini memang mudah dipahami, tulisan yg hits menurut sy.. :)

tulisan pertama sy waktu itu rada polos karna nulisnya nyuri waktu di sela kerjaan,hihi :D

hahaha saya juga seperti itu, kalo kembali membaca tulisan-tulisan postingan saya yang lalu suka malu ngakak sendiri, yah jadi bisa instropeksi sih akhirnya

Sering membaca postingan blog sendiri tp memposisikan sbg orang lain utk mengoreksi
utk edit jarang aku lakukan, tp posting berikutnya berusaha lebih baik

selain baca postingan sendiri saya juga suka baca komentar sahabat bikin ketawa-ketawa sendiri

Bner banget bang juanda
dengan kita melihat kembali tulisan lama
kita bisa tau sampai mana kita berkembang

Membuat nostalgia lagi ya mas agung :-d

Bener tuh kang Zae, jadi kita bisa tau apa perubahan yang sudah kita buat :D

wah wah, hits gimana nih mbak Nia :D

saya juga sering tuh nulis di sela-sela waktu kerja, tapi kalo lagi enggak ada kerjaan

Betul tu, kita boleh edit dan atur lagi tulisan kita :D

Hahahaha, ya rasa malu kadang ya kang :D
tapi kita bisa tau kan kalo kita sudah berkembang

Hihi apa lagi saya mas idris, tulisan saya dulu bener2 singkat. Kebanyakan gambar nya :D

Malu rasanya ya bang, berasa tidak yakin kalo pernah nulis itu :-d

Setuju mbak maya, karena kenyamanan pembaca juga penting :D

Iya tuh, kalo baca komentar2 temen2. rasanya bahagia
apa lagi saya kang.. melihat bnyak yang komen seneng banget.. jadi nambah semangat gitu untuk nulis kang hihi

Setiap membaca tulisan lama di blog, lalu merasa malu, itu berarti diri kita sudah berkembang. Meskipun belum merasa berubah banyak. Setidaknya, itu sudah ada perubahan, nikmati saja prosesnya. :D

Saya pun sering membaca ulang tulisan saya itu. Bisa buat bahan belajar, bisa buat bernostalgia sama kisahnya, dan memotivasi buat menulis lebih baik lagi.

kirain cuma saya yang suka baca tulisan sendiri. kadang malu, kayaknya dulu bagus kenapa sekarang payah hihi

Kalau baca tulisan awal ngeblog dulu suka ketawa sendiri ...kok bisa nulis jelek begini ya..hahaha

Setuju, bisa buat instropeksi diri ya. Juga bersyukur atas pencapaian kita :)

Kamu benar mas, aku akan ketawa sendiri pas lihat tulisan lama. Tapi, setidaknya kita masih punya karya meski tak seberapa. :D Salam

Inspirasi ternyata bisa datang dari mana saja ya. Termasuk dengan membaca kembali tulisan milik sendiri.

selamat pagi dek , mari kita nikmati ngeblog selama itu masih terasa menarik bagi kita

Jika kita baca tulisan sendiri suka ingin mrubah lagi agar ke-lebih bagus tapi sebaiknya jangan itu adalah proses. Terimakasi kawan?

Setuju mas Yoga
dengan membaca ulang tulisan lama kita, kita bisa tau sampai dimana kita berkembang :D

Haahhahaha..
berbarti ada peningkatan dlam penulisannaya mas affip
begitulah mungkin pandangan orang dulu melihat tulisan kita
:-d

Baru sadar sekarang ya mbak hehehe
saya pun begitu, kenapa saya menulis ini dulu :-d

Bener banget mas Hudin, walaupun sedikit aneh tapi setidaknya kita sudah berani untuk membuat sebuah karya :-d

Bener mas Titus, indspirasi itu tiada batas, tinggal bagaimana kita mengambil kesempatannya saja hehehe :-d

Pagi juga Kang Rusdi, bloggin untuk kesenangan. Tulis apa yang ingin kita tulis ya kang. :-d

Boleh juga itu kang warman, kadi kita tau kualitas kita saat melihat arsip lama :D

Keren dah, blognya mas adi makin ramai, bentar lagi gajian.. hehehe...

Saya belum punya iklan adsense kang
masu daftar tapi belum berani, karena blum TLD

bener banget sih ini, tulisan saya di blog jarang banget dibaca ulang... terus tadi saa baca ulang tulisan di blog tahun 2009 dulu, asli ngakak plus malu wkwkwkwk

Hehehe...ternyata ada juga teman...
Saya suka juga membaca kembali tulisan2 di blog saya...
Asik juga.

Salam,

ini nih yang saya suka
trik ini ringan namun bisa menarik dan membangkitkan semangat kita buat nulis. kalau saya sih mas kalau dapat ide baru nulis kalau gak yaa istirahat dulu. heee

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya.
EmoticonEmoticon