Sunday, November 12, 2017

Menerapkan Disiplin Menulis

Menerapkan Disiplin Menulis
Sumber Pic Pixabay.com and Mysatnite

Kegiatan menulis kini mulai saya gemari kembali, setelah hampir lebih dari empat tahun vakum dari dunia perbloggeran. Akhirnya berkat rekomendasi dari
beberapa teman dekat untuk membangun blog personal sendiri. Setelah blog sudah jadi, yang harus saya lakukan selanjutnya adalah mengisi blog ini dengan artikel. Berarti saya harus menulis untuk terus menghidupkan blog yang akan saya kelola.

Berbekal pelajaran dari pengalaman kegagalan dimasa lalu. Saya harus terus rutin mengupdate konten didalam blog ini, kalau tidak ingin gagal kembali.

Untuk terus bisa mengupdate konten, yang saya butuhkan adalah sebuah konsistensi. Membangun konsistensi itu memang tidaklah mudah, apa lagi saya di sibukkan dengan berbagai pekerjaan di dunia nyata, yang mengharuskan saya untuk pandai-pandai membagi waktu.

Maka dari itu saya mencoba untuk menarapkan disiplin dalam menulis, agar blog saya terus update dan tidak tertinggal lagi.

Baca juga : Mencoba Untuk Menikmati Tulisan Sendiri

Membuang jauh rasa malas


Tidak dipungkiri semua orang pasti memiliki rasa malas. Entah itu dalam kegiatan menulis ataupun kegiatan sehari-hari. Tidak terkecuali saya sendiri, terkadang rasa malas tiba-tiba hadir tatkala ada keinginan untuk menulis juga kuat.

Seakan pikiran di dalam kepala ini beradu argumen, ada yang pro dan kontra. Yang pro membujuk untuk terus menulis dan mengingatkan jika saya tidak menulis maka sia-sia usaha saya membangun blog baru.

Dan yang kontra masih terus berusaha memengaruhi untuk tidak menulis dan mengarahkan ke video game dan tv.

Jika terus membuang waktu untuk bermalas-malasan dengan alasan butuh hiburan dan istirahat, maka tidak akan pernah tercapai target-target yang kamu inginkan. Jadi mulai sekarang berusaha untuk membuang jauh-jauh rasa malas kamu.

Menetapkan waktu untuk menulis


Waktu yang saya miliki untuk dapat menulis hanya dimalam hari, karena saat siang saya harus bekerja. Saya biasanya meletakkan waktu menulis di antara pukul 9 sampai 11.

Karena waktu ini sangat pas, tidak terlalu malam untuk menulis, jadi setelah menulis bisa langsung tidur. Juga tidak terlalu sore, karena biasanya orang sudah mulai berjalan menuju kasurnya untuk tidur. Jadi, aktivitas menulis kamu tidak akan terganggu dengan suara-suara  bising dari luar.

Buatlah jadwal waktu untuk menulis yang memang tidak mengganggu kegiatan utama kamu, aturlah 1 – 2 jam dalam sehari untuk menulis dan buatlah ini jadi kebiasaan kamu.

Dengan menetapkan waktu seperti ini membuat kita lebih disiplin agar tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menulis. Apa lagi untuk yang sibuk dengan berbagai aktivitas, harus pandai – pandai dalam memanage waktunya.

Meninggalkan keragu-raguan


Ketika sudah siap untuk memulai menulis namun ada perasaan keraguan, biasanya ini soal konten yang akan kita tulis. Ragu apakah nanti konten yang saya bagikan akan bagus atau hanya sekedar menghasilkan sampah saja.

Jika sudah begini waktu akan dihabiskan hanya untuk berpikir negatif tentang tulisan sendiri yang pada akhirnya membatalkan niat untuk menulis dan posting artikel.

Tinggalkanlah keraguanmu, mulailah menulis paragraf pertamamu tanpa ada keraguan sedikitpun. Meskipun nanti hasil dari kontenmu belum baik, kamu masih bisa mengulas kembali dan edit bagian tulisan mana yang menurut kamu kurang baik

Keraguan tidak akan menghasilkan apa-apa, hanya membuat kamu terhenti di tempat saja dan menghabiskan waktu berhargamu dengan sia-sia.

Buatlah target-target kecil untuk sekedar memotivasi


Saat kita memiliki target dan mampu mencapainya. Yang kita rasakan pastilah kebahagiaan dan diri kita akan termotivasi untuk terus berkembang agar mampu mencapai target-target berikutnya.

Misalnya kamu mampu menyelesaikan tulisan dengan 400 kata, untuk satu minggu kedepan buatlah target tulisanmu jangan kurang dari 400 kata. Jika dalam satu minggu itu kamu mampu melakukannya, naikkan target kamu menjadi 500 kata dan seterusnya.

Buatlah target-target yang mampu membuat kamu semangat untuk mencapainya. Ketika kamu mampu melampauinya maka rasa puas akan kamu dapatkan dan termotivasi untuk terus mengejar target selanjutnya.


Saya sendiri sedang dalam tahap disiplin menulis, meski terkadang ada kendala yang membuat saya harus absen menulis artikel. Tapi sebisa mungkin saya tetap mencoba untuk disiplin.

Untuk menerapkan disiplin menulis sebenarmya tidak terlalu sulit namun juga tidaklah mudah, memang kembali kepada diri kita masing-masing. Yang terpenting adalah tetap kamu patuhi aturan yang kamu buat sendiri. Jangan sesekali melanggarnya, karena akan menjadi sebuah kebiasaan.

Dengan menerapkan disiplin menulis, kamu bisa lebih produtif dalam update artikel di blog. Selain itu, karena seringnya kegiatan menulis yang di lakukan akan membuat kualitas tulisan kamu membaik dari sebelumnya.

Note : Ini hanya pengalaman pribadi penulis, setiap orang berbeda-beda. Disiplin menulis tidak harus update setiap hari, tergantung semampunya. Saya juga tidak setiap hari full, tapi ini target saya selama 2 bulan berusaha update agar blog ini kaya konten. Karena blog ini masih minim konten, setelah itu mungkin akan berubah 2 atau 3 hari sekali. :D

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

60 komentar

mmg ga mudah utk konsisten nulis di blog,kdg juga jenuh melanda..
ya minimal blog harus tetap on walaupun update artikel seminggu sekali ya mas tam..

btw, templatenya adem,rapih sekali dr atas sampai bawah,ga rame..
mantep lah ini x-)

betul kata mbak nia, jadi blogger harus konsisten menulis. kalao sampe ada muncul males2nya pasti ke belakang bakal mikir males buka blog dan mungkin bisa jadi blog gak keurus dan vakum. aku juga kadang kendala pas nulis itu pas gak ada ide. kalo idenya mentok jadi nggak bisa berkutik lagi tuh mas, sedih.

1 sampe 2 jam per hari, aku malah kadang nulis satu artikel bisa 4 jam baru kelar..

saya jempol untuk kamu dek bisa menulis dengan dispilin artikel seperti ini kalau saya mah gampang blog saya cuma tentang resep dan perjalanan jadi nggak perlu banyak mikir

jika pas kesibukan offline begitu padat ,saya tetap mencoba membuat coretan dikertas. Kerangka artikel yang akan dibuat. Jika waktu sudah segang ,baru deh hadap komputer. Nulisnya lancar dan cepat.

Saya bisa sehari 4 artikel, tapi kadang sebulan sepi artikel. Sesuai selera mood.

Kemaren sih sering update mas .. pas udah punya anak jadi jarang mas hehehe
tapi semangat ngeblog tetap berkobar

Menjauhkan rasa malasnya itu yang kadang susah banget huhu.

Iya mbak Nia, soalnya belajar dr gagal ngblog terdahulu
Jrang update dn berakhir terbengkalai

4 artikel sehari, saya gk sanggup itu mas bumi ahahaha

Pling mentok 1 hari 2 artikel
:D

Betul mas beny
Blog lama saya dulu jg ngitu gegara males update ujungnya gk keurus dn terbengkalai :D

1 - 2 jam itu kalo lg encer mas idris
Klo mampet bisa seharian : D

Mas bumi riset sama wawancara jd wajar 1 minggu :D

hihi makasih kang, saya cuma berusha mendisiplinkan diri aja kang
Nabung2 ide dulu hehe :D

Klo bgitu sama kita mas bumi
Saya biasanya buat kerangkat dulu sama judul d kertas, klo gk d catatan hp
Bru deh klo sdh ktemu kmputer d lanjutin nulis :D

Waah klo udh bkluarga harus bisa bagi waktu antara ngblog dan kluarga y mas gus :D

Iya mbak kurnia
Ngusir rasa malas memang ssh, tp klo d biasakan psti bisa :D

Karakter ngeblog masing masing orang tidak sama, namun apa yang dipaparkan diatas sudah sangat jelas yaqni disipilin

Saya malah terkadang suka tidak disipilin mas, saya tidak mau mulus mulus kalau belum dapat konsep mas. Gunanya ini coba?

waah bisa ya dikerangkat gitu, kalau sy krna kerjaan dpan compt.trus sekalian aja nyuri waktu buat ngblog, kalau catat dr kertas dulu, dua kali kerja dong ya,agak ribet sbnarnya,tp yaah masing2 punya cara tersendiri, yihihi..

wah salut buat mas adi mysitne istiqiomah menulis
saya belum bisa, masih terkendala waktu dan aktivitas offline, huhu

Aktivitas offline emang suka membuat terkendala mas, tapi bismillah saja. Aku aja di sempatin nulis walau yah tengah malam terus

Membagi waktu nulis dan kerjaan yang lain buat tujuan ODOP (ONE DAY ONE POST) terkadang banyak kendalanya bang.
Salut aku bang adi bisa tiap hari post.

dulu saya penulis tutorial blog dan seo mas. lalu ada juga beberapa review untuk bisnis online. Kadang rasa malas itu susah dibuang, apalagi kalau keadaan harus membuat kita putar haluan untuk mencari kehidupan baru. Tapi setelah saya memahami, bahwa menulis itu jangan dijadikan patokan atau daftar perencanaan, maka anda akan terhindar dari rasa kewajiban menulis. terkecuali itu memang profesi anda sebagai penulis. maka aturlah sedemikian rupa agar tidak membosankan. karena kelemahan seorang penulis kalau udah mati ide, maka bawaannya malas. nah kalau udah gitu lama kembalinya untuk mendapatkan mood menulis lagi.

Wew sepertinya disiplin yang dimaksud itu nulis setiap hari ya. Saya masih di level seminggu sekali. Itu aja kadang susah konsisten. Tapi memang perlu memacu diri untuk disiplin.
Poin ketiga (Membuang keraguan) paling relevan buat saya, karena kadang suka berhenti ditengah jalan saat nulis. Sepertinya faktor keraguan yang berperan.

Bner kang, setiap orang memiliki karakter sndiri dan caranya sendiri untuk mengolah blog nya :D

Setuju kang, sbnernya klo kita update setiap hari pasti ada resikonya. Salah satunya artikel mungkin tidak bagus dn kurang baik :D

Hehe, iya mas ikrom
Hanya mengusahakan mas
Kdang juga sring absen gk update :D

Hehe terima kasih apresiasinya bang juanda, ini hanya mencoba ttp konsisten dan belajar memanage waktu :D

Bmer juga mas, terima kasih saran nya.
Memang bner menulis itu hrus sesuai keinginan kita, jgn terlalu d paksakan.
Apa lg sampai menjadi beban.
Kalo memang tdk ada ide jgn d paksakan menulis :D saya jg sring absen klo tidak ada ide.

Tidak perlu setiap hari mas, mau 2 hr skali, smggu skali. Semua trgantung kitanya.. yg pnting disiplin, klo biasanya smggu skali, y d ushakan stiap 1 mggu ada 1 artikel.. tidak ada patokan hrus setiap hari :D

Memang lbih mudah klo lgsung dpn kompter, tp kadang lagi jauh dr komputer tiba2 ada ide. Dibuat d kertas atau catatan supaya tidak lupa mbak nia hehe :D

Baru satu bulan ini mbak, itu jg masih ada yg bolos. Kosong2 satu hari, untuk menuhin isi kpmten dulu :D

Bener itu mbak tira, saya kg sering males. Tapi karena ada target untuk perbanyak konten dulu. Alasannya karena ini blog masih sedikit konten.

Inipun mgkin sampe awal bulan desember rargetnya

Ini hanya bagian target saya sendiri samapai awal bulan desember nanti untuk perbanyak konten saja. Kedepannya mungkin ttp rutin tapi ada jeda waktu : D

Perasaan males ini nih musuh terbesar padahal ide udah berlompatan di kepala, pfiuuh...

Selain mengupdate blog, kegiatan menulis juga bertujuan mengupdate suku kata baru dikepala kita loh..he..he..😂

lebih baik menulis daripada melamun
betul ndak??

*udah menetapkan hari menulis, target, waktu*

----- kemudian datang kerjaan banyak -----

*the end*

iya begitulah mba, saya juga sering kalah sama rasa malas :D

Bener mas indra, saya hanya perbanyak konten supaya lebih kaya saja.

Bener mas, kalo ada waktu luang kosong, kenapa tidak dimanfaatkan :D

Y kalo sudah begitu, jgan dipaksakan mas andie

saya saja tidak selalu berpatokan dan mengutamakan
masih ada bolong juga
karena blog ini masih minim konten, jadi saya berusaha untuk perkaya konten dulu :D

Menetapkan waktu untuk menulis itu bagi saya kok terasa ampuh, hehe...

Bang bumi pake interview juga ta? Kaya wartawan benaran yaa

Sama. Kalau saya menargetkan minimal klo menulis itu 700 kata. Salah satu cara saya agar tulian saya mudah terindeks mesin google hehehe. Dan seminggu memposting 2 tulisan. Setiap haro senin dan kamis jadwal posting saya. 😃. Salah satu cara saya untuk konsisten menulis 😃

untuk update postingan, saya malah yang gak bisa disiplin. kadang sampe 3 hari sekali

Iya mas Akgmad
dengan bgitu kita bisa membagi waktu hehe:D

Bener mbak, tidak harus setiap hari
yang penting jadwal nya rutin aja :D

Gk masalah kang, ygn penting ada postingan untuk blog nya
saya saja sering bolos posting

duh, dapat paling buncit saya komment nya. Kalo saya cuma kadang2 saja Mas Update menulis postingan di Blog, yg penting bisa silaturahmi dgn Blogger yg lain. Soalnya pekerjaan setiap hari sudah menulis dan Ngetik terus di depan kompi hikhikhik...

Manusia hanya bisa berencana, dulu saya juga kaya gitu nentuin jadwal nulis tapi karna udah cape duluan hanya jadi ekspektasi saja wkwk

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya.
EmoticonEmoticon