Monday, November 20, 2017

Ngeblog dan Sebuah Peperangan

Ngeblog dan Sebuah Peperangan
Sumber pic Pixabay terus di edit jadi gini

Minggu kemarin saya tidak ada kegiatan seperti biasanya, hanya sekedar beres-beres kamar yang berantakan dan sedikit menata ulang kamar supaya tidak membosankan. Setelah selesai beres-beres dan merapihkan kamar, saya mengambil laptop dan melanjutkan nonton film yang sudah saya siapkan untuk mengisi waktu dihari minggu.

Film ini bergenre action perang, memang karena saya suka genre yang seperti itu. Saya mendapatkan film ini dari seorang teman di tempat kerja. Katanya si bagus, makanya saya penasaran untuk menontonnya.

Judul filmnya Dunkirk, awal nonton saya tidak begitu mengerti jalan ceritanya namun setelah pertengahan dan akhir mulai paham alurnya.

Film ini mengambil setting pada massa perang dunia II, berkisah tentang penyelamatan 330 ribu tentara sekutu yang berasal dari empat negara berbeda yaitu Perancis, Inggris, Belanda dan Belgia yang terdampar di kawasan pantai Dunkirk, Perancis.

Setelah menonton film ini saya sadar bahwa perang itu memang tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali kehancuran dan berbagai banyak masalah baru.

Mungkin untuk saat ini kita tidak merasakan perang seperti itu, namun lebih ke perang yang lain seperti melawan Hoax, ego diri sendiri dan masih banyak lagi salah satunya ngeblog.

Ngeblog sendiri seperti perang dengan berbagai musuh yang menghalangi. Musuh-musuh ini siap untuk menghadang kita ketika lengah.

Baca Juga : Mencoba Menikmati Tulisan Sendiri


Rasa Malas


Ini adalah salah satu musuh sejuta umat dalam berbagai hal, bukan hanya ngeblog saja. Rasa malas memang selalu menghantui kita, yang tadinya sudah ada rencana untuk mengerjakan sesuatu namun ketika malas melanda akhirnya tertunda.

Ide sudah ada, kerangka tulisan sudah siap dan tinggal eksekusi untuk lanjut dibuat sebuah tulisan. Namun lagi-lagi rasa malas menghadang didepan dan berujung tiduran lagi.

Senjata untuk melawannya hanya satu dengan cara paksakan diri, kalau menuruti rasa malas kita akan terhipnotis untuk terus mager-mageran.


Kuota Internet dan Jaringan Internet


Musuh yang selanjutnya tidak kalah kuat dari rasa malas adalah saat kuota internet sudah mulai tipis dan pada saat yang bersamaan ditanggal tua juga. Ketika kuota sudah ada sekarang giliran jaringan yang mulai lemot. Tidak tau karena gangguan atau masalah lain.

Tapi ini sering sekali saya rasakan tiba-tiba jaringan internet lemot. Untuk masuk ke blogger saja menunggu loadingnya bisa bolak-balik kewarung beli indomie dan tetap saja masih muter-muter.

Senjata paling ampuh mungkin harus ganti kartu atau cari internet gratis diluar.Untuk yang punya uang lebih mungkin bisa pasang jaringan internet sendiri dirumah.


Kebanyakan Ide Tapi Bingung Yang Mana Harus Didahulukan


Terkadang ide itu numpuk seperti kantong kresek dimana-mana. Namun bukan berarti ide muncul langsung bisa posting begitu saja. Kebanyakan ide malah bikin bingung sendiri, mana yang harus di posting dan mana yang harus ditulis.

Ujung-ujungnya waktu dihabiskan untuk memikirkan mana yang harus didahulukan. Ini sering juga terjadi terhadap penulis sendiri, ide yang muncul banyak bahkan dikepala ini numpuk ide untuk dituangkan.

Tapi kembali lagi mana yang harus saya tulis lebih dulu itu yang membuat bingung dan pada akhirnya tidak satupun dituangkan dalam tulisan.

Senjata paling ampuh untuk melawan musuh yang satu ini adalah, ketika ada ide pertama muncul  langsung cepat ambil keputusan dan tulis saja.


Waktu Luang Untuk Blogging


Ini adalah musuh para blogger part time, ngeblog hanya jika ada waktu luang saja. Yang seharian penuh disibukkan dengan kegiatan utama yaitu bekerja.

Setelah pulang kerja terkadang sudah larut, badan sudah terasa letih dan ngantuk. Untuk keluarga saja sulit membagi waktunya apa lagi untuk menulis.

Ini mungkin salah satu musuh yang memang sulit untuk ditaklukan, namun bukan berarti tidak bisa. Sejata paling ampuh adalah menulis sedikit demi sedikit saat ada waktu kosong saja.

Setidaknya pasti ada waktu luang atau kosong, manfaatkan itu sebisa mungkin untuk sekedar menulis. Tidak harus selesai hari itu juga, bisa saja hari ini beberapa paragraf. Besok saat ada waktu luang di lanjutkan lagi.

Ragu Dengan Tulisan Yang Telah Dibuat


Sudah melewati rasa malas, jaringan buruk, ide yang kebanyakan, dan waktu luang. Sekarang giliran musuh yang memang tidak kalah kuat juga. Setelah melewati semuanya tulisan pun telah selesai dibuat namun masih ada keraguan dalam hati.

Apakah harus diposting atau tidak, apa postingan saya akan diterima oleh pembaca atau tidak. Keraguan yang kadang hanya menghabiskan waktu dan pada akhirnya tulisan tidak diposting dan menjadi draf bertahun tahun.

Senjata untuk mengalahkan musuh yang satu ini adalah kepercayaan diri. Tetep Pede saja dengan postingan kita, meskipun hasilnya memang belum maksimal.

Kritik dari para pembaca dan blogger lain bisa dijadikan bahan untuk kita introspeksi diri dan mulai memperbaiki tulisan untuk selanjutnya, bukan malah menjadi beban untuk kita.

...

Menjadi blogger itu memang susah-susah mudah. Mudah membuatnya tapi sulit untuk melanjutkannya. Yang sulit adalah menjadi konsisten untuk terus ngeblog karena namanya rasa jenuh dan bosan selalu menghampiri.

Jadi kapanpun harus siap berperang melawan musuh-musuh yang memang selalu siap menghadang dan kita juga harus mempersiapkan senjata untuk melawannya. Perlu perjuangan untuk melawan musuh-musuh yang siap menghadang kapan saja.

Mungkin ada yang ingin menambahkan musuh ngeblog lainnya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih.

59 komentar

Ya ini mas bener banget, sekarang lagi di kampung, sinyalnya uhuk uhuk, h+ yg suka error.
Mungkin nulisnya jadi draf aja ini ntar hehe

Rasa malas yang membuat gagal semuanya. Ahaha
Mana kek aku yang jadi blogger kampung pun sinyal internet yang menjadi musuh paling besar bang. hihi

Ahaha sama mas ivan, kadang kitanya sudah selesai nulis trus internet nya yang ga mendukung.

Perang melawan yang menghambat ngeblog bisa mendapatkan hal yang positif tapi kalau perang saling menjatuhkan hanya untuk keuntungan sesaat
ini sempat aku alami dan aku jd korban yg tidak tahu apa2 karena ulah orang yg mungkin iseng atau apalah, tp aku berusaha utk bangkit
sesama teman blog sebaiknya saling dukung bukan saling menjatuhkan

Ide numpuk bisa jadi musibah jg yaa,, aku mah kekurangan ide mulu 😂

kalo mau nulis tuh intinya selalu galau awalnya ngomong apa gitu..
ujung-ujungnya masih curcol..
wkwkwkwk tapi msh tetep belajar untuk menulis..

lagi ngalamin poin 3 dan 4 :D
waktu luang limit bgt,

revisi typo mas di bagian yg ini :
"suapaya tidak membosankan. Setelah selasi " hehe

Waah ternyata permasalahan jaringan memang sudah menjadi musuh bersama ya hihi

Internet memang sering banget ya jadi kendala, padahal ini bagian yang sangat penting. Apa lagi untuk para blogger ya.
semangat terus bang juanda.. :D pindah ke kota aja

hahahaha, banyak ide tapi minim eksekusi mas bro :D

Waah harusnya sebgai blogger kita saling mendukung ya mbak
untuk menjalin pertemanan
yang sdh tau kasih pengetahuan nya untuk yang pemula
yg pemula jgn malu untuk bertanya
ngeblog jadi lebih asyik :D

Hahahaha, nulis dengan keinginan sendiri malah lebih nyaman mbak
saya juga begitu sering nulis artikel curcol

Saya hanpir tiap hari waktunya limit banget ni mbak nia. :D

hahahaha padahal sudah bebebrapa kali di baca ulang, tapi masih aja ada yang luput dari pengeditan :D maksih mbak nia

Masih mending mas adi mah liburan msh sempet nonton, jadi ga bete..

Bicara musuh memang banyak banget ya mas.. satu persatu harus bisa kita kalahkan, terutama rasa malas itu musuh utama bagi para blogger..

Malas bisa jadi musuh utama yang sulit dikalahkan :)

saya kerja di Perpustakaan Sekolah Dek, sambil ngajar juga free wifi setiap saat , pulang rumah eh ada lagi tetangga yang share wifi gratis , cuma ya waktu itu sepertinya yang kurang , biar bagaimanapun kita harus mendahulukan kesibukan dunia nyata

Kalau saya terhambat malas krn gangguan anak-anak, udah numpuk ide eh mereka minjem 'alat tempur', pas mereka tidur saya malah jadi malas memulai akhirnya jadi nonton deh hehe.. Hambatan lainnya karena keenakan bersosmed, pas ngeblog jadi bingung krn gak dpt feel-nya. Memang perlu dateline supaya ttp semangat nulis

saya juga Mas, tapi kalau misalnya kebanyakan ide bisa tuh di simpen di konsep dahulu untuk postingan berikutnya.
tapi kalau rasa males dan quota internet berarti idem sama saya Mas hehehe

Pernah sih aku merasa malas. Tapi kemudian mencari selingan, selain menulis dan membaca biar lebih fresh menggali ide. Yang paling galau kalau nggak ada kuota dan jaringan nggak bisa diandalkan.

Ini mirip kisah saya, selalu perang dengan semua point diatas yang telah disampaikan ya maklum masih newbie. Semoga kedepan bisa fokus dan dapat modal kuota yang melimpah.

Musuh saya kuota internet Mas suka Bikin Prahara ngeblog...Kapan bisa punya kuota unlimited biar bebas....

Ya kurang lebih poin-poin di atas adalah momok bagi tiap blogger, pun kalau sedang malas-malasnya cuma baca blog orang lain cari referensi. eh...

kebanyakan ide
jadi membingungkan
mana yang ditulis

Hehehe iya mang
untung masih ada hari minggu untuk istirahat

bener mang, rasa malas memang menjadi musuh terbesar untuk blogger ya :D

Bener Mas yudy, ini Bos musuhnya heheh D

Waah enak dong mang, ada free wifi hihi
saya paling cuma di kantor doang
memang bener mang, kesibukan dunia nyata harus tetap jadi prioritas :D

Kalo sudah urusan sama anak gk bisa apa2 ya teh
kalo saya terganggu karena main game dan malas :D

Iya mang, ide numpuk tapi belum terealisasi
kalo quota sama males memang udah jadi momok menakutkan :D

Hahahaha bener nih punya ide sudah nulis di word tapi mau posting tidak ada kuota haha
saya kalo lagi males main game aja :D

hehehe, berarti kita senasib y mang warman
semoga kedepannya jad lebih baik lagi dan ada kuota gratis yang hadir :D

Hahaha berarti kita satu aliran mang dwi
saya juga berharap ada kuota unlimited gitu
kalo gak ada tetangga yang mau berbagi wifi gratis hihi
tapi ttp semangat mang :D

Bener mang dany, musuh musuh di atas memang menakutkan
saya juga begitu paling keliling2 di blog orang, mampir2 sapa tau bisa jadi teman blog :D

Hahahaha berarti kita satu aliran :D

Bener mang, malah kadang bingung kebanyakan ide :D

Alhamdulillah dek nggak pernah kekurangan kuota saya

Memang harusnya bukan mencari waktu luang, tapi luangkan waktu untuk menulis..

nah gituh....kudunya mah.

tapi ngomongin soal perang, kita mah perangnya tebang sama diri sendiri, bayangin kalau kita disuruh perang melawan ISSIS....serem kan?

Ngeblog adalah perang melawan berita HOAX....

Kalo saya yang paling sering si rasa malas, heheh

yang ditulis di atas itu proble seorang blogger, nggak usah cari contohnya. kayak saya mas. saya ngeblog kalo gak ada waktu luang malah ngeblank mau posting apaan.

Kalau saya kebanyakan ide, tapi saya mencobanya untuk tetap mengendalikan diri. Jangan sampai kebawa perasaan. Jangan sampai nanti menyakiti orang. Harus tetap terkontrol.
Kalau dulu sempat mengalami kendala kuota internet. Pas lagi pengen nulis, eh limit.

kenyataannya saya banyak malasnya mas
kadang kalau udah ada kerjaan lain yang memerlukan perhatian lebih, lalu jarang update blog, pasti susah memulainya lagi mas. malasnya udah betah kayaknya dalam pikiran dan bikin mood hilang. tapi coba istiqomah dengan perjalanan blog sederhana, mungin bisa lebih baik kedepannya

Rasa Malas harus dilawan gan, selalu berkarya...

banyak banget halangan dan rintangannya, haha

'Sandungan yang paling sakti' bagi saya adalah meluangkan waktu utk posting, klo waktu digunakan utk posting mesti mengorbankan waktu lainnya, salut deh buat mas Adi yang aktif posting, maaf telat berkunjung...

Punya saya juga numpuk draft gk ada yang diselesain

kuota memang sulit dimengerti :D

Wah kalo ini sepertinya sudah menjadi musuh sejuta umat ya

Sama aja mas beny, sering banget yang namanya ngblank gitu :D

Iya mas bumi, postingan memang harus hati-hati. Jangan sampai ada yang tersakiti
kalo kuota memang skrang saya juga masih susah :D

Berarti kita sejalan mbah
saya juga sering banget namanya males
kalo sudah males melanda, tulisan malah kadang gk diselsesain :D

Bener mas Nedi
sering banget tuh namanya telat posting
kdang udah selsesai tpi blum posting2, biasanya karena internet gk ada kalo saya

iy gk apa mas nedi :D

Waah kalo harus perang sama ISIS si memang serem mang :D

kalo ga ada waktu untuk ngeblog, saya masih bisa tolerir mas..

tapi kalau ide buat ngeblog ilang, karena kita lupa dan tidak catat di catatan atau handphone, ih sebel abis hahaha

Iyaaa mas andie, kita juga masih memikirkan ide untuk update lagi... kalo mas ada ide bisa bagi"sama kita.. nanti bisa kita ekpor di jaddiin cerita... thk udah memberikan toleransi...😊

Bgaimanapun hasil tulisannya, menyelesaikan tulisan adalah memenangkan peperangan. :D

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon