Friday, November 10, 2017

Pahlawan Tanpa Kostum - Hari Pahlawan 10 November

Pahlawan Tanpa Kostum - Hari Pahlawan 10 November 2017
Original Pic From Mysatnite


Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata Pahlawan?
Untuk sebagian orang atau anak kecil akan membayangkan tokoh superhero seperti spiderman, batman, iron man, kapten amerika bahkan mahkuk seram seperti hulk. Saya yang sejak kecil ingin sekali menjadi seorang pahlwan seperti spiderman, mampu mengeluarkan jaring dari tanganya, menempel di tembok tanpa terjatuh.

Pahlawan dalam komik dan serial televisi atau film di bioskop di identikan dengan berbagai kostum dan perlengkapan pendukung lainnya agar terlihat gagah dan keren. Mampu menyelamatkan bumi dari kehancuran dengan berbagai kekuatan super yang mereka milikki.

Tapi sayang itu semua hanyalah cerita fiksi belaka dan tidak terbukti ada kebenarannya. Apakah menjadi seorang pahlawan harus memiliki kostum yang unik dan kekuatan super?. Pertannyaan seperti itu mungkin bisa kalian jawab sendiri.

Pahlawan untuk sekitarmu


Kalau kamu masih berpikir menjadi seorang pahlawan itu harus memiliki kekuatan super, wajah yang tampan, senjata yang keren, mungkin mulai sekarang berhentilah bermimpi untuk menjadi pahlawan.

Menjadi pahlawan itu tidak harus punya segalanya, yang kamu butuhkan hanyalah rasa empati yang terpatri dalam dirimu. Rasa ingin menolong sesama, membantu orang-orang yang membutuhkanmu.

Mulailah dari hal-hal kecil seperti membantu menyelesaikan pekerjaan teman dikantor. Dengan catatan tidak mengganggu pekerjaan kamu sendiri. Sedikit menyisihkan uang sakumu untuk para kaum duafa.

Mematuhi aturan yang telah ditetapkan, misal tidak menerobos lampu merah, tidak membuang sampah sembarangan, ataupun  patuh untuk membayar pajak. Belum bisa memberikan yang terbaik setidaknya kamu tidak melakukan hal yang tidak baik.

Masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang pahlawan bagi orang disekitarmu.


Berkarya Untuk Menularkan Hal Positif


Zaman sudah semakin maju, peradaban semakin jauh meninggalkan masa lalu. Dulu mungkin untuk menjadi seorang pahlawan kita harus memegang senjata dan tekadkan keberanian melawan bangsa penjajah.

Tapi hari ini sudah berbeda, roda zaman sudah berputar. Tidak ada guna mengangkat senjata, apa lagi harus bertumpah darah.

Buatlah sebuah karya yang mampu mempengaruhi hal positif untuk penerus bangsa. Tidak harus sebuah masterpiece yang penuh dengan penghargaan dan banyaknya pujian.

Mulailah dari hal-hal kecil yang memang mampu kamu lakukan. Menjadi penulis blogger misalnya, tulislah informasi yang bermanfaat dan akurat tanpa hoax itu sudah cukup untuk  kamu menajadi seorang pahlawan. Membagikan ilmu lewat sebuah tulisan mungkin bisa bermanfat dan berdampak baik untuk para pembacanya. 

Apa lagi dizaman sekarang sudah semakin banyak media untuk menyalurkan karyamu yang sesuai dengan minat kamu sendiri tanpa harus terbebani. 

Sekecil apapun manfaat yang kamu berikan akan berdampak untuk masa depan negeri ini. Jadi mau menunggu apa lagi, jadilah pahlawan kecil yang mampu bermanfaat untuk orang lain.

Menghargai perbedaan


Kita ini hidup dinegeri yang setiap pulaunya memiliki keberagaman, suku, ras, agama, budaya, adat dan masih banyak lagi. Dulu pahlawan negeri ini mampu bersatu untuk mengusir para penjajah dari bumi pertiwi dan terbentuklah negara indonesia.

Hari ini kita yang diwariskan dengan begitu banyaknya keberagaman, setidaknya kita sadar tidak menjadi jemawa saat menjadi mayoritas dan tidak pula minder saat minoritas.

Hilangkan perbedaan antara kita, bersatu untuk satu nama yaitu Indonesia. Tidak mungkin sekarang kita mengangkat bilah bambu karena tidak adanya penjajah. Tapi angkatlah tangan untuk sebuah persatuan.

Kalaupun kamu belum mampu menjadi pemersatu setidaknya jangalah menjadi pemecah persatuan.


Pahlawan untuk keluarga


Untuk yang sudah berkeluarga atau yang masih jomblo sekalipun, tidak perlu jauh-jauh ke amerika untuk ikut menjadi pasukan avengers.

Cobalah untuk menjadi pahlawan di lingkngan keluargamu sendiri, untuk yang sudah berkeluarga mungkin bisa memberikan perhatian kepada anak dan istri dengan berbagai hal-hal kecil. Karena saya belum berkeluarga jadi tidak begitu mengerti.

Untuk yang jomblo, setidaknya kamu memiliki keluarga jugakan. Entah itu orang tua, saudara atau bahkan teman dekat juga tidak ada masalah.

Buatlah lingkungan terdekatmu senyaman mungkin, berikan apa yang bisa kamu berikan, bantu apa yang bisa kamu bantu. Jadilah sosok pahlawan bagi mereka, sosok yang mampu memberikan contoh yang baik, pengaruh yang positif dan kebahagiaan untuk mereka.


Hari Pahlawan


Surabaya 10 November 1945, genap sudah 72 tahun peristiwa besar pertama yang terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Menjadi tonggak sejarah besar bagi bangsa Indonesia, perlawanan terhadap pasukan Britania Raya. Pertempuran besar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Kini sudah 72 tahun berlalu, banyak problematika yang masih terjadi negeri ini. Perjuangan saat ini bukan lagi melawan penjajah, tapi melawan ego diri sendiri dan kepentingan tertinggi.

Korupsi, berita Hoax, Rasis, adalah bagian dari penjajah yang paling mengerikan untuk saat ini.

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang pahlawan tidak harus melakukan hal yang diluar kemampuanmu. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan. Yang terpenting adalah dampak positif yang kamu berikan.

Menjadi pahlawan tidak perlu kostum yang nyentrik agar menjadi pusat perhatian, tapi jadi pribadi yang baik yang mampu menggiring opini menuju arah yang positif.

Tidak perlu senjata ataupun bilah bambu, yang kamu butuhkan hanya semangat untuk berkarya, Berkarya untuk membangun bangsa ini, berlomba untuk menjadi yang terbaik karena bangsa ini membutuhkan kamu.

Saya sendiri belum bisa memberikan apapun terhadap negeri ini, yang hanya bisa saya lakukan adalah menjadi warga negara yang baik dan patuh terhadap peraturan.

Saya akan melupakan menjadi sosok Spiderman yang selalu jadi impian saya sejak kecil, ada banyak pahlawan di negeri ini yang jauh lebih hebat, keren dan bisa jadi panutan, tentunya mereka nyata pernah hidup dan tercatat dalam sejarah meskipun tanpa kostum yang unik.

Selamat hari pahlawan, semoga kita selalu saling menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama. Saling menjaga kerukunan antar suku, agama, dan ras karena kita Indonesia. Jangan pernah rasis terhadap jomblo ya.

Hanya blogger biasa yang biasa melakukan kebiasaan diluar orang-orang biasa. Blogger part time yang sehari harinya bekerja di perusahaan branding kawasan jakarta.

52 komentar

Semua bisa dimulai dari lingkup terkecil, seperti keluarga ya..nice sharing...terima kasih

Setuju, menjadi pahlawan tidak harus melakukan yang kita tidak sanggup untuk mengerjakannya.

Menjadi pahlawan dalam keseharian itu justru yang lebih baik seperti menolong nenek yg ingin menyebrang jalan, menyelamatkan anak kuncing di jalan dan sebagainya.

selamat hari pahlawan 10 november! mari mengisi kemerdekaan dengan hal yg positif, dimulai dari hal yg kecil. kalo saya harus mengurus negara blm bisa karena level saya blm sampai ke sana. oke, selamat hari pahlawan lagi aku ucapkan.

minimal bisa menjadi pahlawan keluarga ya mas dengan melakukan hal2 positif

selamat hari pahlawan

"Menjadi pahlawan itu tidak harus punya segalanya, yang kamu butuhkan hanyalah rasa empati yang terpatri dalam dirimu" yap setuju banget dengan pertanyataannya itu... bukan sekadar memiliki rasa simpati tapi empati sama org2 yg ada di sekeliling kita. Berempati tanpa pamrih.

Semangat hari pahlawan😄

Iya, bener itu mbak muyas
smua memang harus berawal dari hal kecil di lungkungan terdekat kita :D

Bener mas indra, di lingkungan sekitar kita dalam keseharian bisa kita lakukan. Menjadi pahlawan tidak harus punya kekuatan super :-d

Selamat hari pahlawan juga mas Beny
semoga kita selalu bisa menjaga persatuan
setidaknya kita bisa menjadi warga negara yang baik dan patuh terhadap peraturan. Itu saja sudah cukup menjadikan kita jiwa pahlawan :-d

Bener itu kang yanto
Tidak perlu jauh jauh dulu, tapi di mulai dari yang terdekat, keluarfa, kerabat dan sahabat. :D

Iya mbak, hidup tanpa rasa empati dan simpati berarti hatinya sudah mati.
Selamat dan semangat hari pahlawan :D

paling tidak, kita bisa berguna bagi orang di sekitar kita ya mas
selamat hari pahlawan

Wah keren banget ini nih!...
Pahlawan tentu ada karena kita menghargai jeripayahnya!...
so, selamat hari pahlawan kawan!

Semua punya kesempatan untuk menjadi pahlawan, setidaknya menjadi pahlawan bagi keluarga dan bagi diri sendiri

jadi kesimpulannya kalau boleh nyimpulin, jadilah pahlawan tanpa harus pake kostum pahlawan, bisa pake batik, pake seragam petani atau seragam kuli pasar....yang penting bisa jadi pahlawan bagi keluarga kita gituh kan?

Betul mas Ikrom
selamat hari pahlawan juga mas :D

Terima Kasih mas adhi, nama kita sama :D
Bangsa yang besar tidak melupakan sejarah

Betul itu mbak maya, tidak harus jauh2, tapi dari yang terdekat dulu seperti keluarga :D

kalau di Malaysia..

adiwira..

itulah pahlawan atau superhero

Semua pun boleh jadi pahlawan
pahlawan untuk keluarga

salam serumpun dari Indonesia bang hanafi :D

Setuju banget sama mang lembu
Kita bisa menjadi pahlawan tanpa harus pakai baju ketat seperti spiderman
Petani pun adalah pahlawan untu negeri ini, tanpa mereka kita tidak akan makan namanya nasi :D

Semunaya pahlawan, minimal pahlawan buat keluarga

Gw jadi pahlawan untuk diri sendiri. Banyak belajar yang baik jadi gak bego.

Wkwkwkwk

Melawan bangsa sendiri paling sulit, apalagi negara kita ini lagi sensitif - sensitifnya, semoga para pahlawan yang telah berjuangan dulu tidak kecewa dengan bangsa di jaman now ini yah gan... heheh selamat hari pahlwan

Berkarya untuk menularkan hal positif, niat itulah mengapa saya membuat blog.
Ingin berbagi hal-hal yang enak dan positif.

Setuju sekali, menjadi pahlawan zaman now itu banyak jalannya kok. Dimulai dari lingkunga terdekat kita, kalau saya sebagai suami dan ayah berusaha berikan yang terbaik untuk keluarga. Kalau sebagai blogger, berusaha menulis konten2 positif yang bermanfaat bagi sesama, aamiin. Selamat Hari Pahlawan, thanks for share Mas.

Pahlawan terbaik adalah pahlawan bagi keluarga. Nice sekali bang, karena yah keluarga adalah yang utama bagi kita (y)

Pahlawan bukan hanya yang berperang....

Wah selamat hari pahlawan, semoga kita bisa selalu menjadi pahlawan untuk diri sendiri juga sekitar kita ya

semoga dengan hari pahlawan menjadikan kia bersemangat untuk bermanfaat bagi orang-orang sekitar kita

dulu waktu saya kecil suka sekali bila hari pahlawan atau 17 san diputar film perjuangan rasa pingin langsung main perang=perangan besoknya, sekarang film seperti itu sudah jarang, semangat juang para pahlawan mungkin sudah hilang di generasi muda saat ini

boleh juga tulisannya (y) .. maka setelah postingan ini ada pertanyaan, lalu siapakah sosok pahlawan kekinian itu :-# :-?

Betul! Todak perlu punya kostum dulu buat jadi pahlawan. Yg penting berkontribusi nyata ajah

Assalanualikum..? "Selamat hari PAHLAWAN" memperingati hari Pahlawan setiap Tanggal 10 November semoga kita termasuk kepada warga yang baik dan selslu menghargai jasa para Pahlawan Nasional maupun Pahlawan dalam hidup kita. Amiin!

Bner mas idris, smua orang bisa jadi pahlawan. Pahlawan untuk keluarganya

Semua orang memiliki hak untuk siapa mereka menjafi pahlawan, termasuk untk diri sendiri :D

Iya kang zae, sekarang kita lagi dihadapkan dengan situasi sangat sensitif. Dimana salanh ngomong bisa jadi bunerang, semoga kita bisa meneruskan perjuangan bangsa kita

Bner mas bumi, berbagi lewat tulisan, berbagi ilmu kesesama.
Semoga sukses terus dengan karyanya mas

Bener mas, dimulai dari lingkungan kecil kita dulu
tidak harus menjadi anggota avengers dan menyelamatkan dunia hehehe
sama-sama mas, terima kasih sudah mampir kesini. :D

Setuju bang, keluarga terutama orang tua kita adalah pahlawan bagi anak-anaknya. :D

Bener mas, apa lagi sekarang untuk apa perang tidak ada gunanya.
sekarang kita perang melawan egi diri sendiri :D

Selamat hari pahlawan mbak yesi, bener mbak semoga dengan hari pahlwan ini rasa empati kita semakin tinggi. :D

Bener kang Rusdi, sekarang jarang sekali film yang mengangkat tema nasionalis. Atau mungkin saya saja yang kudet.
sebenarnya itu penting untuk menumbuhkan rasa cinta indonesia dan menghargai jasa paea pahlawan. :D

Bener mbak RIka, dengan semangat para pahlawan kita juga harus semangat membantu sesama, :D

Sosok pahlawan kekinian, begitu banyak pahlawan di indonesia sekarang. Sosok sosok orang yang mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional seperti Hasil Telusur
Tontowi dan Liliyana, mereka adalah salah satu pahlawan di era kekinian. Karen menjadi pahlwan tidak harus perang dulu kan. :D

Iya mbak, tidak harus punya kostum ketat seperti spiderman
lakukan hal kecil yang bermanfaat bagi orang sekitar kita :D

waalaikumsallam mas warman, iya mas. semoga dengan memperingati hari pahlawan ini kita sadar untuk terus menjadi warga negara yang baik. Tidak menyia-nyiakan jasa para pejuang di masa lalu.

aamiin :D

Selamat Hari Pahlawan Mas... wah, maaf telat nih saya ngucapinnya hehee

selamat hari pahlawan ya mas, hehehe.
menjadi pahlawan itu kadang untuk diri sendiri saja. sudah bisa bikin bangga.
apa lagi untuk keluarga.

ah bagus sekali tulisannya mas. semoga kita bisa jadi pahlawan untuk keluarga terdekat kita ya minimal, nanti baru bikin negara bangga.. aamiiin

Bner mas fajar, tidak harus jd anggota avengers kn hehe :D

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya.
EmoticonEmoticon